Skip to content

Wisata Kuliner yang Mak Nyuzzzz….di Bekasi

January 4, 2010

Makanan khas Bekasi

BEKASI 3/1/2010- Dalam seluruh siklus kehidupan manusia, ada satu kegiatan yang tidak pernah terlewatkan. Apa itu ? Urusan makan. Dalam satu hari minimal ada satu jenis makanan yang masuk dalam perut kita. Bagi yang punya banyak uang, makan dalam sehari bisa berkali-kali dengan menu yang berbeda.

Bekasi punya banyak tempat kuliner dengan menu yang berbeda-beda. Di mana tempat yang cocok untuk makan siang di Bekasi ? Ada beberapa tempat makan yang perlu anda ketahui dan menunya juga beragam. Pokoknya dijamin mak nyuzzzzz, tergantung berapa budget dalam dompet.

Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan tempat kuliner. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah rumah makan sepanjang Jalan Kemakmuran. Di sini tersebar berbagai ragam dan jenis rumah makan, mulai dari kelas emperan sampai kelas VIP ada di sini. Menemukan  Jalan Kemakmuran tidak lah sulit dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Bekasi (sekitar Jalan Ahmada Yani). Umumnya makanan yang disajikan bukan masakan khas Bekasi.  

Kalau mau makanan khas Bekasi, salah satunya boleh dicoba sayur gabus yang tidak akan ditemukan di daerah lain. Ikan gabus yang diracik menjadi menu masakan khas Bekasi hanya bisa hidup di rawa-rawa dan berkembang secara liar. Konon, sampai saat ini belum ada yang mampu  menternakkan sendiri.

Entah sampai kapan makanan khas Bekasi ini bisa bertahan. Rawa-rawa di Bekasi semakin lama semakin berkurang berganti wajah dengan mall atau perumahan. Mumpung masih ada, buruan mencicipi lezatnya makan dengan sayur gabus.

Wisata Kuliner Sepanjang Jalan Kemakmuran

WTS. Jangan berpikir seronok dulu. WTS singkatan dari Warung Tepi Sungai. Warung ini berada di ujung Jalan Kemamkmuran, pas pertigaan ke arah Polres (kanan) atau ke arah Kantor Walikota (kiri). Berbagai menu dapat dipilih secara bebas. Kalau siang, tempat ini dipenuhi oleh para karyawan yang akan melepaskan syahwatnya, maksudnyamakan siang.

Di sekitar WTS, ada banyak warung makan, salah satunya yang menyediakan sate bagi yang berani mengambil risiko kolesterol. Sate dan sop kambing racikan H. Aan lumayan empuk. Harganya pun relatif murah. (lihat gambar di bawah).

WTS= Warung Tepi Sungai

Bila anda ingin menikmati makanan khas sunda bisa jalan sekitar 200 meter dari WTS. Di sini tersedia berbagai pepes, mulai dari pepes ayam, ikan sampai teri. Lagi-lagi harganya pun relatif  terjangkau oleh rata-rata dompet rakyat Indonesia. (lihat gambar bawah)

Warung makan sunda. tidak ada plang. patokannya sebelan dengan toko pakaian

Bila ada uang lebih boleh coba menu makanan gaya restoran. Di sepanjang Jalan Kemakmuran berbagai rumah makan tersebar. Mulai dari RM Wulansari, Marga Jaya sampai Ponyo. Umumnya ketiga rumah makan tersebut menyediakan saung-saung kecil dan tempat pertemuan yang bisa menampung orang banyak. Saya ke sini kalau ada meeting saja. Bukan apa-apa, karena bayarannya bisa dirembes ke kantor sebagai biaya entertainment. (lihat gambar di bawah).

Beragam restoran dengan berbagai menu berbeda ada di sini

Sayur Gabus Khas Bekasi

Warung ini sudah ada sejak tahun 1950 an

Nahh….kalau mau cari yang khas, boleh dicoba makan sayur gabus di Rumah Makan Lukman, Jalan Sudirman. Dari kantor Pemkot Bekasi tinggal belok kanan. Kurang lebih 300 meter terdapat tanda plang RM Sayur Gabus Lukman. Kalau menggunakan kendaraan tidak bisa langsung belok. Harus jalan dulu sekitar 100 meter, langsung putar balik.

Selain ikan gabus, juga tersedia pecak lele khas Bekasi. Yang membedakan dengan pecek lele Jawa Timur adalah bumbunya yang dominan kacang. Saya sulit mendeskripsikan menunya. Pokoknya patut dicoba. Makan pecak lele ditambah dengan petei akan semakin menambah selera makan kita. Kalau sudah dicoba, saya yakin akan ketagihan….pokoke mak nyuzzzzz.

Harganya pun relatif murah. Makan 4 orang dengan menu macam-macam hanya keluar uang sebesar Rp. 120.000. Kalau mau makan di sini jangan terlalu siang. Jam 3 biasanya menu makanan sudah habis. (lihat gambar di bawah)

Sayur gabus, Sayur kelapa (lupa namanya), petei, timun dan pecak lele...Mak Nyuzzzzzz

KIRI: Bu Suhermas sang pemilik warung. TENGAH: lapar atau rakus ?. KIRI: Menu wajib abis makan....seppp...plusssss. Nikmat !!!

About these ads
5 Comments leave one →
  1. January 6, 2010 9:31 am

    saya cinta WTS…. saya ambil ah nanti….

  2. January 7, 2010 4:12 am

    Baca artikel wisata kuliner, jadi laper. Ditunggu juga informasi kuliner Kab.Bekasi. Jadi klo pengen makan di Bekasi, tinggal lihat peta wisata kuliner di blog ini. Salam.

  3. hidayat permalink
    December 10, 2011 10:40 am

    Siip jg tu kayaknya masakannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: